Ketahui Penyebab Bau Mulut dan Cara Mengatasi Bau Mulut

Bau mulut bisa bikin Anda malu ketika berbicara dengan orang lain. Hal ini juga dapat membuat orang lain menjauhi Anda karena merasa tidak nyaman. Kebanyakan orang berpikir bahwa penyebab dari bau mulut tidak sedap adalah plak, gigi berlubang dan infeksi gigi. Maka dari itu menjaga kebersihan mulut merupakan salah satu hal yang penting dan perlu diperhatikan oleh semua orang dari sejak dini.
Ketahui Penyebab Bau Mulut dan Cara Mengatasi Bau Mulut

Sebab jika memiliki nafas yang segar tentu akan membuat anda nyaman juga orang di sekitar anda, namun apa jadinya jika nafas anda tidak segar sehingga orang merasa kurang nyaman jika sedang berbicara dengan anda. Nah, berikut ini kami sedikit mengulas penyebab bau mulut dan cara mengatasi bau mulut, akan tetapi sebelum tips cara menghiangkan bau mulut kita kenali dulu penyebab bau mulut, berikut ini ulasannya.

Penyebab bau mulut

  • Kebersihan mulut yang buruk, sehingga jumlah bakteri sangat banyak dalam mulut dan di permukaan lidah. Sisa makanan akan tertinggal dalam mulut dan menjadi lingkungan yang cocok untuk bakteri berkembang biak yang akan menyebabkan bau pada mulut. Selain itu, sisa makanan yang menempel pada gigi, gusi, dan lidah akan menyebabkan gingivitis (radang gusi) dan gigi berlubang, sehingga akan meningkatkan bau mulut dan rasa yang tidak enak di dalam mulut.
  • Apnea tidur, Orang yang menderita apnea tidur tidak bisa bernapas melalui hidung. Akibatnya, mereka harus bernapas melalui mulut. Itu sebabnya, udara mengeringkan air liur dan memicu bau mulut.
  • Pembersihan gigi tiruan yang kurang baik, Gigi tiruan atau gigi palsu yang jarang dibersihkan dengan baik dapat menyebabkan penumpukan sisa makanan dan bakteri pada permukaan gigi tiruan sehingga bisa menimbulkan bau dan nafas tidak sedap.
  • Melewatkan sarapan, Sarapan tidak hanya baik untuk perut Anda, tetapi juga untuk mulut Anda. Sarapan pagi dapat membantu Anda meningkatkan produksi air liur dalam mulut dan membersihkan lidah dari bakteri penyebab bau mulut.
  • Penyakit gusi atau jaringan periodontal (jaringan penyangga gigi).
  • Sariawan, Sariawan sering menyebabkan bau mulut tidak sedap karena pembentukan nanah dan infeksi.
  • Penyakit sistemik. Bau mulut dapat merupakan salah satu gejala dari penyakit tertentu, misalnya infeksi saluran pernapasan, gangguan pencernaan, diabetes, atau kelainan pada hati.
  • Gagal ginjal , Gagal ginjal merupakan salah satu alasan medis yang memicu bau mulut. Akibatnya, bau mulut selalu tercium tidak sedap.
  • Perdarahan gusi , Gusi berdarah membuat darah kadang-kadang menumpuk di dalam mulut sehingga akhirnya berbau tidak sedap.
  • Xerostomia lebih dikenal dengan sebutan mulut kering.
  • Infeksi tenggorokan, Bila Anda menderita infeksi tenggorokan, bakteri kadang-kadang memecah sel-sel dari saluran bronkial dan menghasilkan lendir yang berbau tidak sedap.
  • Kebiasaan Merokok.
  • Makanan yang membuat masam napas Anda contoh mengkomsumsi pete atau jengkol.
  • Masalah hati, Masalah hati, seperti sindrom lemak hati atau penyakit kuning, juga bisa membuat bau mulut tidak sedap. Hati bertanggung jawab untuk metabolisme lemak dan ketika hati tidak mampu melakukan tugas itu, jumlah bakteri dalam mulut akan meningkat.
  • Sikat dan floss atau terlalu sering menyikat gigi
Setelah Anda tahu penyebab yang mengakibatkan bau mulut nah, berikut ini tips cara mengatasi bau mulut secara alami, yang kami dapat dari berbagai sumber.

Cara mengatasi bau mulut secara alami

1. Disiplin Menggosok Gigi
Menggosok gigi adalah cara yang sangat mendasar untuk menghilangkan bau mulut. Jika anda ingin menghilangkan bau mulut sebaiknya mulai sekarang anda membiasakan diri untuk menggosok dan membersihkan gigi secara teratur minimal 2 kali sehari. Terlalu sering mengosok gigi juga tidak baik, terlalu jarang juga tidak baik. Gosok gigi sehari dua kali sudah cukup diwaktu pagi dan sebelum tidur.

2. Banyak Minum Air Putih
Air putih bermanfaat untuk menjaga kestabilan air dalam tubuh anda termasuk air dalam mulut anda, selain dapat menghilagkan bau badan, minum banyak air putih juga dapat menjadikan tubuh anda lebih segar.

3. Mengkonsumsi Buah-Buahan
Penyebab bau mulut diantaranya adalah ketika dalam mulut kekurangan air liur atau mulut dalam keadaan kering. Dengan mengkonsumsi buah-buahan maka air liur dalam mulut akan meningkat karena buah-buahan mengandung banyak air dan vitamin C. Contoh buah-buahan yang bisa digunakan untuk menghilangkan bau mulut adalah, pear, apel, jambu, lemon dan lain-lain. Serat buah yang tinggi juga bisa menjadi pembersih gigi.Selain itu buah-buahan juga sangat baik untuk kesehatan pencernaan.

4. Konsumsi makanan probiotik
Konsumsi makanan probiotik berguna untuk mencegah bau mulut dan membantu kesehatan pencernaan Anda.

5. Hindari alkohol dan rokok
Jika anda adalah orang yang memperhatikan kesehatan, alkohol dan rokok ini tidak ada gunanya untuk kesehatan. Justru alkohol dan rokok ini dapat memperburuk kesehatan termasuk dengan kesehatan dalam mulut anda yang nantinya akan menyebabkan bau mulut tidak sedap.

Nah itu dia sedikit tips Cara menghilangkan bau mulut, yang kami dapat dari berbagai sumber yang ada di internet. Semoga bermanfaat.